The Hardware

The Hardware

Pendahuluan : Di zaman yang Multi-Tech ini, kita sudah mengenal tentang komputer dan kegunaanya. Tetapi, apakah kita tahu bagian-bagian internal atau external dan kegunaannya. Oleh sebab itu, diadakan penelitian untuk mengetahuinya.

Tujuan : Recognize hardware and Its function

Langkah Kerja : membongkar bagian dalam CPU menggunakan Screw Driver

Kesimpulan :

1. CPU : Melindungi bagian dalam /internal di dalamnya
Ada 2 Tipe dari CPU :
a. Build-in (rakitan pabrik)
b. Rakitan (Oprek sendiri/ Toko)

2. Monitor : Output dari komputer yang berfungsi menampilkan gambar – gambar di layar setelah di kompresikan di graphic card.
Ada 2 Tipe dari Monitor :
a. Tube
b. LCD / CRT

3. Keyboard : Alat untuk memasukkan input kedalam komputer dalam contohnya berupa tulisan.
Tipenya ada beberapa macam : QWERTY, RUSSIAN, JAPAN, dll.
Slotnya berupa PS/2 atau USB port/bluetooth/wireless

4. Mouse : Alat untuk memasukkan input ke dalam komputer yang divisualisasikan sebagai cursor di Monitor. Macam Tipenya ada yang Track Ball dan Infra Red. Untuk menyambung /koneksinya dapat memakai Cable, Wireless dan Bluetooth.

5. Printer : Alat untuk mengubah data visual ke bidang nyata, dalam hal ini kertas. Baik dalam Tulisan ataupun gambar.\

6. MotherBoard : Lempengan atau elektronik yang merupakan bagian utama sebagai jalur konkesi dan fungsi. Mempunyai banyak kriteria dan slot, sekarang ini mendukung socket intel dan AMD

7. Processor : Salah satu bagian utama dari komputer, disebut juga otak dari komputer , semakin besar size kapasitasnya semakin besar atau cepat kerjanya . 2 Perusahaan besar yang memproduksi adalah Intel dan AMD.

8. ROM : Chip bios yang terdapat di Motherboard yang berguna untuk mengatur jalur-jalur dan fungsi yang akan dipakai. Biasanya disesuaikan secara default atau standar. (Read Only Memory). Dapat hilang settingannya bilai baterainya dilepas /habis.

9. RAM : Random Access Memory. Cache atau penyimpanan data sementara saat proses komputer berlangsung. Tipenya beraneka ragam mulai dari DRAM, SDRAM, DDR I /II /III. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar atau cepat kerja atau proses komputer.

10. Hard Disk : Sebagai main storage atau penyimpanan utama dari komputer , biasanya memakai yang internal. Tempat penyimpanan OS, data, dsb.Tipenya ada yang IDE dan ATA /SATA. Yang tercepat adalah ATA /SATA dalam transfer data sesuai dengan rpmnya.

11. CD /DVD Rom : Hardware untuk membawa CD /DVD sesuai dengan keterangan yang tercantum di HArdware. Teknologi terakhir dari Drive ini adalah Blue-Ray dengan kapasitas penyimpanan >10 GB

12. Graphic Card : Alat konversi bit ke visual yang ditampilkan di monitor, teknologi terbaru memakai pixel yang kecil, shading, boost, Vsync, dsb.Slotnya ada yang AGP dan yang terbaru adalah PCI Express. Semakin besar kapasitasnya, semakin bagus Visualinsasinya.

Leave a comment